About my Blog

Blog ini adalah tentang 3 hal yang sangat saya sukai, kopi tubruk, Al Quran, dan Entrepreneurship. Selebihnya, ya suka-suka

Senin, 24 Mei 2010

TIPS MEMBUAT KOPI TUBRUK LEBIH NIKMAT - (2)

Menyeduh dan mengaduk

Kopi tubruk yang dikenal di Indonesia adalah bubuk kopi yang dibanyur air yang mendidih, bahkan direbus bersamaan dengan air dan gula. Anda dapat mencobanya cara seperti itu. Namun kebanyakan para penikmat kopi tubruk sekarang ini tidak suka melakukan hal demikian. Karena suhu yang terlalu tinggi dapat menghilangkan aroma kopi dan mengeluarkan rasa pahit yang berlebihan dari kopi.

Idealnya menggunakan air bersuhu 80-90°C agar kopi tetap matang namun tidak menambah kuat rasa pahit. Untuk mendapatkan suhu  80-90°C tidak perlu menggunakan thermometer. Air yang baru mendidih didiamkan saja selama beberapa menit atau bisa menggunakan air panas dari dispenser.

Seduhlah kopi terlebih dahulu (tanpa gula) dengan air panas. Saat memasukkan air panas, usahakan sambil memutar termos, sehingga air dan kopi tercampur tanpa diaduk. Diamkan selama 2-5 menit, baru kemudian masukkan gula sambil diaduk. Kopi tubruk siap disajikan..

Persiapkan Diri Sebelum Minum Kopi

Minum kopi perlu persiapan? Bila minum kopi hanya sebatas kebiasaan, persiapan tentu tidak diperlukan. Namun bila ingin menyelami kenikmatan citarasa kopi tubruk, persiapan harus anda lakukan:
1.       Sikat gigi. Dengan menyikat gigi, kita membersihkan rongga mulut, sekaligus merangsang saraf-saraf halus indera perasa yang ada di pangkal gigi dan gusi, serta lidah. Minum kopi dengan rongga mulut bersih pasti lebih nikmat.

2.       Menciptakan suasana santai. Dengan suasana yang santai, citarasa kopi akan dapat dinikmati secara keseluruhan. Bila terburu-buru, minum kopi akan berkurang kenikmatannya. Dan bila belum terbiasa, jangan meminum kopi tubruk di malam hari..! kecuali memang berencana begadang

Cara Menikmati Kopi Tubruk

Bagian ini yang sering membuat orang tidak bias membedakan kopi yang baik dengan tidak. Bagi orang yang tidak biasa menikmati kopi dan menjadikan minum kopi hanya sebagai kebiasaan harian, pasti sulit membedakan rasa dari biji kopi yang baik dengan tidak. Beberapa teman saya telah beberapa kali saya suguhkan beberapa jenis kopi yang berbeda-beda, namun mereka tetap saja sulit membedakan beberapa jenis kopi tersebut.

Menikmati kopi sebaiknya dimulai dari menghirup aromanya terlebih dahulu, baru menyeruput kopi. Karena sesungguhnya indera penciuman dan perasa (lidah) bekerja hampir bersamaan. Dengan menghirup aroma dan menyeruput kopi secara bersamaan seluruh saraf indera yang ada di kedua rongga dapat terpakai maksimal.

Jangan tergesa-gesa menelannya, sebarkan dulu kopi ke seluruh bagian lidah. Sebagaimana kita ketahui lidah manusia sendiri terbagi dalam beberapa bagian yang hanya dapat mengecap rasa-rasa tertentu. Pastikan seluruh bagian lidah sudah tersentuh kopi agar seluruh rasa dapat terdeteksi oleh lidah. setelah tersebar rata baru telan air kopi. Setelah melakukan tips ini, baru akan mengetahui kenikmatan setiap tegukannya..  SILAKAN MENCOBA..

4 komentar:

karyaguru mengatakan...

betu di nikmati..seruput..seruput..srupuuuut

kaafhealth mengatakan...

betul, betul, betul..

indra prasetia mengatakan...

Salam kenal sesama penikmat kopi.. *sruput..*

Barry Ferguson mengatakan...

mantapp gann>>>>

Posting Komentar

Berlangganan artikel via e-mail

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner