About my Blog

Blog ini adalah tentang 3 hal yang sangat saya sukai, kopi tubruk, Al Quran, dan Entrepreneurship. Selebihnya, ya suka-suka

Jumat, 21 Mei 2010

TIPS MEMBUAT KOPI TUBRUK LEBIH NIKMAT

Sobat online, banyak sekali orang yang menjadikan minum kopi sebagai kebiasaan. Karena telah menjadi kebiasaan, sampai tidak tahu bagaimana kenikmatan kopi itu sendiri. Hingga kalau ditanya perbedaan tiap jenis kopi yang mereka minum, mereka tidak bisa menyebutkan. Saya bukan seorang ahli, saya hanya penikmat kopi biasa. Tips ini adalah hasil pengalaman kakek saya, saya sendiri dan orang lain yang telah punya pengalaman banyak tentang kopi tubruk

Menyimpan Kopi  yang Baik
Bubuk kopi memiliki sifat menyerap udara di sekitarnya. Bahkan di masyarakat kita bubuk kopi dipakai untuk mengurangi bau menyengat pada oleh-oleh makanan bila dibawa bepergian. Maka sebaiknya tempat menyimpan bubuk kopi adalah tempat yang kedap udara, atau celah udara untuk masuk tempat kopi dibuat seminimal mungkin.

Takaran Kopi, Air dan Gula
Sebenarnya cara mencicipi kenikmatan kopi adalah tanpa gula.. karena rasa dan karakter khas setiap jenis kopi akan benar-benar terasa dan tidak tercampur dengan pengaruh rasa gula. Tapi itu juga tergantung selera masing-masing orang, karena tidak semua orang menyukai minum kopi tanpa gula. Saya sendiri biasa menggunakan perbandingan  begini = 1,5:0,5:100 (1,5 sendok teh kopi : 0,5 sendok teh gula : 100cc air). Dengan perbandingan ini, rasa kopi dan gula cukup berimbang, sehingga karakter kopi tidak hilang, juga tidak terlalu pahit.

Perbandingan 1,5:0,5:100 ini bisa dipakai hampir kepada semua jenis kopi arabika. Kecuali kopi arabika mandheling (Sumatera Utara). Untuk kopi jenis mandheling perbandingan kopi dan gula harus benar-benar berimbang, dan jangan sampai terlalu banyak atau kekurangan gula. Kekurangan atau kelebihan gula akan sangat besar pengaruhnya terhadap rasa.  Untuk kopi jenis robusta perbandingan gula dapat lebih banyak, karena kopi robusta lebih pahit. Kalau kopi luwak saya belum berani ngasih saran karena belum mencoba.

>>Di bagian ke-2 tulisan akan dibahas tips menyeduh dan mengaduk dan lain-lain.

4 komentar:

deadyrizky mengatakan...

bagaimana dengan biji kopi dari pagar alam, sumatera barat?
apa juga akan menghasilkan kopi tubruk yang nikmat?

Faisal's mengatakan...

oh ya.. saya pernah coba yang robusta dari sumatera selatan.. mantap bung.. pas banget.

jozuka zee mengatakan...

Cek Coffee Experiments MANTAP!
Coffee Updates

seravina danniella mengatakan...

terima kasih atas inspirasinya! Betul sekali, makanan lezat serta sehat memang sangat penting, akan tetapi memasak dengan alat masak yang tepat juga sama pentingnya.
regards,
Meat Slicer Oxone

Posting Komentar

Berlangganan artikel via e-mail

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner